Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif pada Sistem Audio, Pilih Mana ?

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif pada Sistem Audio, Pilih Mana ?

20/10/2021 0 By admin

Dewasa ini, speaker yang beredar di pasaran secara garis besar terbagi menjadi dua jenis yaitu speaker aktif dan speaker pasif. Bagi orang yang sudah lama berkecimpung pada bidang terkait audio sound system, mungkin tidak sulit membedakannya. Namun bagi pemula, sebaiknya ketahui pengertiannya masing masing agar tidak salah pilih.

Perbedaan Antara Speaker Aktif dan Pasif

1.Pengertian

Speaker aktif merupakan jenis speaker yang sudah dilengkapi dengan amplifier atau penguat suara. Jadi anda bisa langsung melakukan pengaturan apabila mengandalkan speaker aktif. Sementara speaker pasif bisa diartikan sebagai perangkat speaker yang tidak memilih amplifier. Sehingga anda perlu memasang tambahan amplifier agar speaker dapat bekerja.

2.Desain dan Bentuk

Jika dilihat dari desain dan bentuknya, baik speaker aktif maupun pasif memiliki perbedaan antara satu sama lain. Sudah pasti rangkaian yang dimiliki oleh speaker aktif jauh lebih rumit, karena harus mempunyai power amplifier, mixer, ataupun tone control yang berada di luar dari box speakernya. Ini tentu berbeda dari speaker aktif yang dirancang jauh lebih simpel.

Speaker aktif yang built in, didesain portable sehingga lebih ringkas. Speaker jenis ini juga mempunyai beberapa fitur yang semakin canggih. Contohnya seperti anda bisa menggunakan speaker untuk memutar musik dari smartphone, dengan melalui koneksi wireless misalnya bluetooth untuk disambungkan ke audio sound system.

3.Kapan Akan Digunakan

Berbicara mengenai dayanya, speaker aktif cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan speaker pasif. Sehingga jenis speaker pasif sangat jarang bila digunakan dalam keseharian. Biasanya jenis seperti ini akan digunakan pada acara acara tertentu seperti hajatan, pesta, atau acara yang dilakukan di luar ruangan karena cakupan suaranya lebih jauh dan luas.

Sedangkan untuk speaker aktif yang lebih ringkas dan konsumsi dayanya relatif lebih rendah, bisa digunakan untuk sehari hari. Mulai dari sebagai output suara saat menonton film, kebutuhan karaoke, hingga sekadar untuk mendengarkan musik. Karena dengan speaker aktif maka tagihan listrik yang perlu dikeluarkan tidak terlalu tinggi.

4.Harga Speaker

Biaya yang perlu anda keluarkan untuk melengkapi perangkat speaker pada audio sound system juga akan berbeda antara speaker aktif dan pasif. Secara umum, harga speaker aktif jauh lebih murah dari speaker pasif. Mengingat bahwa tone control dan power amplifiernya sudah built in di dalam box speaker.

Sedangkan biaya untuk speaker pasif tentu bisa lebih besar, karena biaya perakitan untuk rangkaiannya yang terpisah. Seperti mixer, tone control, dan power amplifier. Meski demikian, bukan berarti tidak ada speaker pasif yang memiliki harga terjangkau. Karena masing masing speaker juga mempunyai harga yang bervariasi tergantung merek dan tipenya.

Jika ditanya mana yang lebih baik antara speaker aktif dan pasif, maka keduanya bisa bekerja dengan sangat baik dan optimal tergantung kebutuhan anda. Misalnya untuk kebutuhan acara konser atau pesta, maka lebih umum menggunakan speaker pasif. Sementara untuk keperluan sehari hari biasanya speaker aktif akan menjadi pilihan yang diandalkan.

info lengkap : https://www.bliaudio.com/