Mengulas Seputar Dokter Klinik Spesialis Anak

Mengulas Seputar Dokter Klinik Spesialis Anak

20/06/2021 0 By admin

Dokter anak atau yang biasa disebut dengan ahli pediatri adalah dokter khusus yang bertugas untuk menangani kesehatan fisik, mental, sosial, dan tumbuh kembang anak. Dokter anak umumnya memiliki klinik spesialis anakĀ  jakarta atau bekerja di rumah sakit dan puskesmas. Bagi anda yang masih awam dengan dokter anak, yuk simak ulasan berikut.

Apa Saja Masalah yang Bisa Ditangani Oleh Dokter Anak?

Dokter anak bertugas untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang anak yang sehat dan memberikan pengobatan terhadap penyakit yang diderita oleh anak. Mulai dari penyakit biasa hingga penyakit yang serius. Usia anak yang masih masuk ke dalam ranah dokter anak adalah bayi yang baru lahir sampai berusia 18 tahun. Setelah itu, pemeriksaan dilakukan melalui dokter umum.

Salah satu masalah kesehatan yang bisa ditangani oleh dokter anak adalah evaluasi tumbuh kembang dan mendeteksi adanya potensi gangguan penyakit. Dokter anak juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan imunisasi kepada anak. Selain itu, melakukan monitoring kondisi bayi yang terlahir dalam keadaan prematur dan membutuhkan penanganan khusus.

Ketika anda berkunjung ke klinik spesialis anak, dokter juga akan memberikan edukasi terkait gaya hidup dan bagaimana cara menyusui dengan baik. Dokter akan melakukan diagnosis penyakit tertentu, seperti infeksi, malnutrisi, hingga kanker. Namun, dokter akan memberikan rujukan jika penyakit yang diderita anak membutuhkan penanganan khusus dari spesialis lainnya.

Kapan Harus Memeriksakan Anak ke Dokter?

Pada dasarnya, berkunjung ke dokter anak tidak harus ketika anak mengalami gangguan kesehatan. Anda bisa melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui bagaimana perkembangan kesehatan anak, apakah terdapat gejala penyakit atau tidak. Akan tetapi, anda akan disarankan untuk mengunjungi dokter anak jika terjadi beberapa kondisi.

Misalnya, anak demam, dehidrasi, muntah-muntah, kejang, gangguan pernapasan, muncul ruam, nyeri saat buang air kecil, dan mengalami masalah dengan tumbuh kembang. Terlebih untuk anak yang terlahir dalam kondisi premature yang membutuhkan pemantauan dokter secara intensif.

Apa Saja Tindakan yang Bisa Dilakukan Dokter Anak?

Beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh dokter anak ketika anda berkunjung ke klinik spesialis anak adalah melakukan pemeriksaan fisik, penelusuran riwayat medis, pengecekan tumbuh kembang anak, dan kelengkapan imunisasinya. Setelah itu, dokter anak akan melakukan pengobatan yang dibutuhkan anak dan pemberian vaksin.

Dokter juga akan menentukan langkah perawatan yang baik, apakah rawat jalan atau rawat inap serta melakukan pemantauan dan evaluasi selama masa perawatan tersebut. Memberikan penjelasan terkait kondisi kesehatan anak kepada orang tua dengan bahasa yang mudah dipahami juga merupakan tindakan yang harus dilakukan oleh dokter anak.

Dokter anak akan sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan serta tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda mengetahui dengan baik terkait apa saja yang berhubungan dengan dokter anak. Dengan demikian, anda bisa lebih nyaman dalam melakukan pemeriksaan dan konsultasi.

Informasi lebih lanjut : https://www.omdc.co.id/