Mengenal Perbedaan Antara Accounting Software Indonesia Online dan Offline

Mengenal Perbedaan Antara Accounting Software Indonesia Online dan Offline

21/06/2021 0 By admin

Pada berbagai praktik bisnis saat ini, sudah hal lazim untuk menggunakan software akuntansi. Bagaimana tidak, keberadaan accounting software Indonesia memang dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Namun kerap kali pebisnis mengalami dilema apakah harus memilih software online atau offline. Simak ulasan berikut untuk menjawab kebingungan ini.

Pentingnya Accounting Software bagi Bisnis

Sebelum mengenal dan menentukan mana yang sebaiknya dipilih antara accounting software online atau offline, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana pentingnya penggunaan aplikasi ini untuk bisnis. Memahami pentingnya akan membantu anda tidak perlu dilema apakah benar harus menggunakan perangkat lunak ini atau tidak.

Baik software akuntansi yang online maupun offline memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu untuk memudahkan pekerjaan seorang akuntan di perusahaan. Beberapa manfaat yang akan diperoleh antara lain kemudahan pembuatan laporan keuangan, meminimalisir human error dan terhindar dari kesalahan perhitungan, hingga meningkatkan efisiensi pekerjaan.

Teknologi baru pada bidang akuntansi ini memberikan bantuan yang begitu besar dalam segala aktivitas akuntansi bisnis. Mengingat bahwa setiap bisnis tidak akan terlepas dari aktivitas akuntansi selama perusahaan berdiri, maka penggunaan aplikasi accounting ini sudah pasti membantu. Terlebih semakin besar skala bisnis, maka akan semakin kompleks pula kegiatan akuntansi yang ada.

Lebih Dekat dengan Software Akuntansi Offline

Sebelum accounting software Indonesia hadir dengan versi online lantaran perkembangan internet yang begitu pesat, software akuntansi berbasis offline digunakan secara luas di kalangan pebisnis. Software ini merupakan perangkat lunak yang terpasang secara permanen pada komputer.

Kelebihannya yaitu mempunyai performa mumpuni karena berjalan dengan berdasar pada spesifikasi hardware komputer. Anda pun tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengoperasikannya. Kendati demikian, anda yang kerap kali melakukan perjalanan bisnis akan kesulitan dengan penggunaan sistem tersebut karena sistem ini tidak bisa dioperasikan dari jauh.

Lebih Dekat dengan Software Akuntansi Online

Berbeda dengan software akuntansi offline yang tidak bisa diakses dari jarak jauh ketika anda sedang dalam perjalanan bisnis, atau ada keperluan pengambilan database dan pengawasan. Accounting software berbasis online bisa diakses dari mana saja dan kapan saja karena menggunakan sistem cloud.

Selama anda terhubung dengan jaringan internet dan memiliki akses pada program, maka data data penting yang dibutuhkan bisa dilihat kapan saja baik dari berbagai perangkat, mulai dari laptop atau PC, tablet, hingga smartphone. Tanpa memerlukan spesifikasi yang tinggi, software yang ringan ini bisa dengan mudah dioperasikan.

Selain itu, accounting software Indonesia dengan berbasis online tentu dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengelolaan akuntansi perusahaan layaknya pada aplikasi offline. Tidak heran jika aplikasi akuntansi ini mulai banyak dilirik, khususnya untuk perusahaan perusahaan dengan skala besar.

Mengingat bahwa zaman serba modern ini menuntut setiap bisnis bisa mengikutinya secara cepat, maka dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa penggunaan accounting software dengan basis online akan lebih menguntungkan. Seperti pada aplikasi akuntansi dari Soltius Indonesia yang akan membantu mengelola berbagai aktivitas akuntansi perusahaan.