Inilah Cara Yang Bisa Anda Coba Untuk Membedakan Emas Asli Atau Palsu

Inilah Cara Yang Bisa Anda Coba Untuk Membedakan Emas Asli Atau Palsu

14/01/2022 0 By admin

Anda dirumah memiliki emas? Apakah Anda tahu emas itu asli atau palsu? Jangan sampai Anda dibohongi oleh penjual emasnya. Lalu bagaimana bisa kita tau kalau emas itu asli atau tidak? Emas adalah logam mulia yang sering dipilih orang-orang untuk dikenakan atau ditabung.

Hal tersebut karena emas mudah dijual jika dibutuhkan dan harganya yang pasti ketika dijual. Namun kita harus tahu cara membedakan emas asli dan palsu. Jika Anda bingung bagaimana caranya, dibawah ini ada beberapa caranya yang bisa Anda coba. Berikut ini beberapa caranya:

1. Gigit Emasnya

Cara yang pertama yaitu digigit emasnya. Sering melihat atlet menggigit medalinya saat memenangkan pertandingan? Itu ada fungsinya loh untuk mengecek apakah bahan medali tersebut asli emas atau bukan. Emas sebetulnya adalah logam mulia yang lunak sehingga mudah untuk dibentuk. Cara mengeceknya yaitu digigit, jika habis digigit ada bekas seperti gigi dipermukaan emasnya maka bisa dipastikan emas itu asli.

Namun hati-hati juga, bisa saja ada emas yang bahannya tidak 100% emas namun digabung atau dicampur dengan logam timah, dimana logam timah juga merupakan logam mulia yang lunak. Jadi jangan terburu-buru untuk membelinya, perhatikan dan cek lagi.

2. Menggosok Emasnya

Cara yang kedua yaitu menggosoknya. Cara ini cukup mudah dilakukan, Anda cukup menggosok jari tangan Anda. Jika terjadi pemudaran warna karena ada warna yang menempel pada kulit yang untuk menggosok emas tadi, dapat dipastikan bahwa itu bukan emas asli alias palsu.

3. Menggosok Emas ke Kertas atau Keramik

Tolong diingat bahwa cara ketiga ini beresiko merusak emas itu sendiri. Cara melakukannya yaitu gosok emas ke kertas atau keramik, jika ada warna yang tertinggal pada kertas atau keramik maka emas tersebut terbilang palsu namun sebaliknya jika tidak ada warna yang tertinggal maka emas itu bisa dipastikan asli.

4. Lihat Fisik dari Emasnya

Selanjutnya dengan cara melihat dari fisik si emasnya sendiri. Pada emas murni atau emas batangan akan terdapat tanda-tanda tertentu atau cap. Biasanya capnya akan bertulis kadar dari emas itu sendiri seperti menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

5. Tempelkan Emas ke Magnet

Perlu Anda ketahui bahwa emas tidak memiliki sifat magnetis alias tidak bisa menempel pada magnet. Namun cara ini tidak 100% memastikan kalau emas ini asli atau palsu, karena beberapa logam ada yang tidak tertarik oleh magnet. Tapi jika Anda mau mencoba cara ini silahkan dilakukan.

6. Meneteskan Asam ke Emas

Keenam cara untuk mengecek keaslian emas yaitu meneteskan asam ke emasnya. Tapi diharapkan untuk berhati-hati karena cairan asam sendiri berbahaya untuk kulit tubuh dan pernapasan. Cara yang harus Anda lakukan yaitu meneteskan cairan asam nitrat ke emas. Tunggu, jika warnanya berubah maka emas tersebut dapat dipastikan palsu dan sebaliknya jika tidak berubah warna maka emas itu asli.

Perubahan warnanya juga bisa menunjukkan bahan apa yang terdapat pada emas palsu tersebut, seperti warna susu berarti emas tersebut adalah perak yang diberi lapisan emas, kalau menjadi kuning berarti kuningan yang diberi lapisan emas dan warna hijau berarti besi yang diberi lapisan emas.

 

Itulah tadi 6 cara mengecek keaslian emas yang bisa Anda coba dirumah. Namun berhati-hati karena beberapa cara dapat merusak emas itu sendiri. Semoga bermanfaat.